Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai – Kurang dari 1 dasawarsa sehabis pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu meraih kemenangan Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti riwayat untuk ke-2 kalinya dengan pertanyaan simple: “Sanggupkah mesin pikir?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi serta Kecerdasan” (1950), serta Ujian Touring selanjutnya, menentukan visi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Pada dasarnya, AI yakni cabang pengetahuan computer yang punya tujuan untuk jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini yakni usaha untuk meniru atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Arah luas dari kecerdasan buatan sudah mengundang beberapa pertanyaan dan pembicaraan. Sebegitu rupa, hingga tidak ada pengertian tunggal bagian yang diterima secara universal.

Sanggupkah mesin pikir? – Alan Touring, 1950

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai Kebatasan khusus dalam mendeskripsikan AI cuma untuk “membikin mesin yang pintar” yakni jika AI tak sungguh-sungguh memaparkan apa yang dimaksud kecerdasan buatan? Apa yang membikin mesin pandai? AI yakni pengetahuan interdisipliner dengan pelbagai pendekatan, akan tetapi perubahan dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam membuat pengubahan pola nyaris di tiap-tiap divisi industri tehnologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell dan Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di seputar objek agen pandai dalam mesin. Dengan penilaian ini, AI ialah “study mengenai agen yang terima pengertian dari lingkungan serta bertindak.” (Russel serta Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang siap sekarang ini.

Norvig serta Russell menyambung buat mengeksploitasi empat pendekatan tidak sama yang bersejarah membatasi area AI:

  • Memikir secara manusiawi
  • Berpikiran objektif
  • Melakukan tindakan secara manusiawi
  • Lakukan tindakan masuk akal

Dua inspirasi pertama tersangkut proses memikir dan penalaran, sementara yang lainnya bermasalah dengan tingkah laku. Norvig dan Russell focus khususnya dalam agen objektif yang melakukan tindakan untuk menggapai hasil terunggul, mendata “semuanya keahlian yang diperlukan buat Ujian Touring pun memungkinkannya agen buat melakukan tindakan objektif.” (Russel serta Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan serta pengetahuan computer Ford di MIT, membatasi AI selaku “algoritme yang diaktifkan oleh masalah, dibeber oleh representasi yang memberikan dukungan mode yang direncanakan di loop yang mengikat pertimbangan, pemikiran, dan perlakuan saling bersama.”

Sementara arti ini kemungkinan nampak abstrak untuk banyak orang, mereka menolong fokus area ini menjadi bagian pengetahuan computer dan memberi bikin biru untuk masukkan mesin dan program dengan evaluasi mesin serta subset kecerdasan buatan yang lain.

APA ITU AI?

Empat Macam Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai Mesin reaktif ikuti dasar AI yang paling dasar dan, sama dengan namanya, cuma bisa gunakan kepintarannya untuk memandang serta bereaksi pada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa simpan memory serta menyebabkan tidak bisa memercayakan pengalaman masa lampau untuk mengatakan ambil putusan secara real-time.

Menyadari dunia langsung memiliki arti jika mesin reaktif didesain untuk merampungkan cuman beberapa pekerjaan teristimewa yang terbatas. Tetapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara berencana bukan perlakuan pemangkasan ongkos apapun, serta kebalikannya mempunyai arti kalau type AI ini bakal makin dapat diyakini dan bisa dihandalkan — dia bakal bereaksi yang sama kepada rangsangan yang serupa kapan waktu.

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai Contoh tenar dari mesin reaktif ialah Deep Blue, yang direncanakan oleh IBM di tahun 1990-an selaku superkomputer yang main catur serta menaklukkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam suatu games. Deep Blue cuma sanggup mengenali bidak-bidak di papan catur serta ketahui bagaimana tiap-tiap pergerakan menurut ketentuan catur, mengenal status masing-masing bidak sekarang ini, dan memastikan cara apa yang paling objektif di waktu itu. Pc tidak memburu pergerakan menjanjikan di hari depan oleh saingannya atau coba memposisikan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap tikungan di pandang menjadi kenyataannya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibentuk awal mulanya.

Contoh lain dari mesin reaktif bermain permainan yaitu Google AlphaGo. AlphaGo pun tidak dapat menilai pergerakan di masa datang tapi tergantung di jaringan sarafnya sendiri untuk menyurvei perubahan games sekarang, memberinya keunggulan atas Deep Blue dalam permainan yang lebih kompleks. AlphaGo pun kalahkan kompetitor games kelas dunia, kalahkan pemain juara Go Lee Sedol di 2016.

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai Meskipun lingkupnya terbatas serta tidak simpel diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa capai tingkat kesukaran, serta menjajakan keunggulan waktu dibentuk untuk penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.

Ingatan Terbatas

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai ingatan terbatas mempunyai potensi buat menaruh data dan perkiraan awal kalinya saat kumpulkan info serta mengangsung ketetapan prospektif — secara prinsip lihat ke masa dulu buat cari saran mengenai apa ay ada selanjutnya. Kecerdasan buatan kenangan terbatas lebih kompleks dan mendatangkan peluang yang semakin besar dibanding mesin reaktif.

AI ingatan terbatas dibentuk saat club terus latih bentuk perihal langkah menelaah serta memakai data baru atau lingkungan AI dibikin maka style bisa dilatih dan diperbaharui secara automatic. Waktu menggunakan AI memory terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara harus dituruti: Data training mesti dibikin, style evaluasi mesin mesti dibikin, mode harus bisa membikin perkiraan, bentuk mesti bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, jika operan balik mesti diletakkan selaku data, dan beberapa langkah ini harus diulangi selaku perputaran.

Ada tiga style evaluasi mesin pokok yang menggunakan kecerdasan buatan ingatan terbatas:

  • Reinforcement learning, ialah belajar bikin prakiraan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang kali.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang manfaatkan data masa dulu untuk menolong memperhitungkan butir seterusnya secara berurut. LTSM memandang data yang lebih anyar jadi yang paling utama di saat bikin prakiraan dan mendiskon data dari masa dahulu, biarpun masih pakainya untuk bikin simpulan
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari sekian waktu, tumbuh buat mengeksploitasi lajur yang sedikit diubah berdasar pengalaman awal kalinya dengan tiap ketetapan anyar. Mode ini tak henti kejar lajur yang lebih bagus serta memakai replikasi dan statistik, atau kesempatan, untuk meramalkan hasil sejauh perputaran reposisi evolusionernya.

Teori ingatan

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai Theory of Mind itu saja — teoretis. Kami belum gapai kebolehan tehnologi dan ilmiah yang dibutuhkan buat gapai tingkat kecerdasan buatan seterusnya.

Ide itu berdasar di premis kejiwaan wawasan kalau makhluk hidup lain miliki ingatan serta emosi yang mengubah tingkah laku diri satu orang. Dalam soal mesin AI, ini mempunyai arti AI bisa mengerti bagaimana hati manusia, hewan, serta mesin lain dan bikin ketetapan lewat refleksi dan kemauan diri, dan selanjutnya akan menggunakan data itu untuk membikin keputusan sendiri. Pada prinsipnya, mesin harus bisa mengerti dan mengerjakan rancangan “ingatan”, fluktuasi emosi dalam ambil keputusan serta sekelompok rencana psikis yang lain secara real time, membentuk interaksi dua arah di antara manusia serta kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibuat dalam kecerdasan buatan, satu saat jauh di hari esok, cara paling akhir ialah AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sama ini punya kesadaran tingkat manusia serta pahami kehadirannya sendiri di dunia, dan datangnya dan situasi emosional seseorang. Itu bisa dapat mendalami apa yang kemungkinan diperlukan pihak lain bukan cuma berdasar apa yang mereka katakan pada mereka namun bagaimana mereka mengkomunikasikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di periset manusia yang pahami premis kesadaran dan selanjutnya belajar bagaimana menduplikasinya maka bisa dibuat ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipergunakan?

Waktu berkata ke beberapa orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mengawali pidatonya dengan menjajakan arti berikut mengenai bagaimana AI dipakai sekarang ini:

“AI yakni Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai  mekanisme computer yang dapat lakukan pekerjaan-pekerjaan yang kebanyakan butuh kecerdasan manusia… Sebagian dari prosedur kecerdasan buatan ini ditunjang oleh evaluasi mesin, beberapa salah satunya ditunjang oleh evaluasi dalam dan beberapa salah satunya dibantu oleh beberapa hal yang paling menjenuhkan seperti peraturan..”

AI Sempit: Kadangkala disebut yaitu “AI Kurang kuat,” tipe kecerdasan buatan ini bekerja dalam kerangka terbatas dan adalah replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap diprioritaskan buat melaksanakan satu pekerjaan dengan baik sekali serta kendati mesin ini barangkali terlihat pandai, mereka bekerja di bawah batas serta batas yang semakin lebih banyak ketimbang kecerdasan manusia yang paling dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, kadang disebut yaitu “AI Kuat,” ialah type kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Lintasan: The Next Generation. AGI merupakan mesin dengan kecerdasan umum serta, seperti manusia, bisa mengimplementasikan kecerdasan itu buat pecahkan problem apapun.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada di kitaran kita serta secara mudah adalah aktualisasi kecerdasan buatan yang tersukses sampai sekarang. Dengan konsentrasi pada lakukan pekerjaan-pekerjaan spesifik, Narrow AI udah merasakan banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang mempunyai “fungsi sosial yang berarti serta sudah berperan di vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Persiapkan Periode Depan Kecerdasan Buatan,” suatu Laporan 2016 dikeluarkan oleh pemerintah Obama.

Contoh-contoh AI Sempit mencakup:

  • penelusuran Google
  • Fitur lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, serta pendamping personal yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin dan Evaluasi Dalam

Mayoritas AI Sempit disokong oleh inovasi dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam. Mendalami ketaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, dan evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen memberi kisah yang bagus mengenai bagaimana memisah dari mereka, dengan mendata:

“Kecerdasan buatan yakni sesetel algoritma dan kecerdasan buat coba menyerupai kecerdasan manusia. Evaluasi mesin ialah diantaranya, dan evaluasi dalam satu diantara tehnik evaluasi mesin itu.”

Simpelnya, evaluasi mesin memberinya makan data computer serta memanfaatkan tehnik statistik untuk menolongnya “belajar” bagaimana jadi lebih baik secara progresif pada sebuah pekerjaan, tanpa diprogram secara spesifik buat pekerjaan itu, melenyapkan keperluan bakal juta-an baris code terdaftar. Evaluasi mesin terdiri dalam evaluasi terawasi (memakai himpunan data memiliki label) serta evaluasi tanpa ada pemantauan (gunakan kelompok data tak memiliki label).

Evaluasi dalam merupakan model evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang memperoleh inspirasi secara biologis. Jaringan saraf punya kandungan beberapa susunan terselip di mana data diolah, memungkinkannya mesin buat masuk “dalam” dalam pembelajarannya, membikin jaringan serta input pembobotan buat hasil terpilih.

Kecerdasan Umum Buatan

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Kota Dumai Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diaplikasikan di pekerjaan apa saja yaitu Cawan Suci buat banyak periset AI, akan tetapi pelacakan AGI sarat dengan kepelikan.

Pelacakan “algoritme universal buat belajar dan lakukan tindakan di lingkungan apapun,” (Russel dan Norvig 27) bukan soal anyar, tapi waktu tak kurangi kesukaran untuk membikin mesin dengan kebolehan kognitif yang komplet.

AGI udah lama jadi buah pikiran fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super pandai kuasai umat manusia, tapi banyak pakar sepakat jika itu bukan suatu hal yang sebaiknya kita risaukan dalam kurun waktu dekat.

LihatTutupKomentar