Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara – Kurang dari 1 dasawarsa sehabis pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu memenangi Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti histori untuk ke-2 kalinya dengan pertanyaan simpel: “Sanggupkah mesin pikir?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi dan Kecerdasan” (1950), serta Test Touring selanjutnya, menentukan misi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Pada prinsipnya, AI ialah cabang pengetahuan pc yang mempunyai tujuan buat jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini yaitu usaha untuk meniru atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Maksud luas dari kecerdasan buatan udah mengakibatkan pertanyaan-pertanyaan dan pembicaraan. Demikian rupa, maka dari itu tak ada uraian tunggal sektor yang diterima secara universal.

Sanggupkah mesin berpikiran? – Alan Touring, 1950

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara Minim pokok dalam mendeskripsikan AI cuma untuk “bikin mesin yang pandai” yaitu jika AI tak sungguh-sungguh memperjelas apakah itu kecerdasan buatan? Apa yang membikin mesin pandai? AI merupakan pengetahuan interdisipliner dengan bermacam pendekatan, tapi perkembangan dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam membikin perombakan pola di nyaris tiap-tiap bidang industri tehnologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell dan Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di seputar topik agen pandai dalam mesin. Dengan pertimbangan ini, AI yaitu “study perihal agen yang terima pengertian dari lingkungan dan bertindak.” (Russel dan Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang siap waktu ini.

Norvig serta Russell menambahkan untuk mempelajari empat pendekatan tidak sama yang dengan bersejarah membatasi bagian AI:

  • Pikir secara manusiawi
  • Memikir objektif
  • Melakukan tindakan secara manusiawi
  • Melakukan tindakan logis

Dua gagasan pertama tersangkut proses pikir dan penalaran, sementara yang lainnya berhubungan dengan sikap. Norvig serta Russell konsentrasi terpenting di agen objektif yang lakukan tindakan untuk gapai hasil terunggul, menulis “seluruh keahlian yang diperlukan buat Ujian Touring memungkinkannya agen untuk lakukan tindakan logis.” (Russel serta Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan serta pengetahuan pc Ford di MIT, mendeskripsikan AI jadi “algoritme yang diaktifkan oleh rintangan, dibuka oleh representasi yang memberi dukungan mode yang direncanakan pada loop yang mengikat pikiran, pandangan, serta aksi sama-sama.”

Sementara uraian ini barangkali terlihat abstrak untuk banyak orang, mereka menolong menitik beratkan bagian ini jadi sektor pengetahuan computer dan memberi bikin biru untuk masukkan mesin dan program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.

JENIS KECERDASAN BUATAN

Empat Model Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara Mesin reaktif ikuti dasar AI yang paling dasar serta, sama dengan namanya, cuma bisa memanfaatkan kepandaiannya buat menyaksikan dan bereaksi pada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa simpan ingatan serta menyebabkan tidak bisa memercayakan pengalaman masa lampau untuk memberitahukan ambil ketentuan secara real-time.

Mengerti dunia langsung memiliki arti jika mesin reaktif didesain buat menuntaskan cuman beberapa pekerjaan pribadi yang terbatas. Akan tetapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara berencana tidak perlakuan pemangkasan cost apa saja, serta kebalikannya memiliki arti kalau tipe AI ini bakal semakin dapat diyakini dan bisa dihandalkan — dia bakal bereaksi dengan sama pada rangsangan yang serupa kapan saja.

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara Contoh tersohor dari mesin reaktif ialah Deep Blue, yang direncanakan oleh IBM di tahun 1990-an jadi superkomputer yang bermain catur dan kalahkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam sebuah permainan. Deep Blue cuma dapat menganalisis bidak-bidak di papan catur dan mengerti bagaimana tiap-tiap pergerakan berdasar pada peraturan catur, mengenal status masing-masing bidak sekarang, dan memastikan cara apa yang paling rasional di saat itu. Pc tak memburu pergerakan menjanjikan di masa datang oleh tandingannya atau coba meletakkan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap kelokan dilihat menjadi kenyataannya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibikin awalnya.

Contoh lain dari mesin reaktif main permainan merupakan Google AlphaGo. AlphaGo pun tidak bisa menyurvei pergerakan di hari depan namun tergantung di jaringan sarafnya sendiri untuk menilai perubahan permainan waktu ini, memberinya kelebihan atas Deep Blue dalam permainan yang lebih kompleks. AlphaGo pula kalahkan kompetitor permainan kelas dunia, menaklukkan pemain juara Go Lee Sedol pada 2016.

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara Kendati lingkupnya terbatas dan tidak gampang diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa gapai tingkat kesulitan, dan tawarkan keunggulan waktu dibentuk untuk penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.

Memory Terbatas

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara kenangan terbatas miliki kapabilitas untuk menaruh data serta prakiraan awalnya waktu menyatukan data serta mengangsung ketentuan menjanjikan — pada prinsipnya lihat ke masa lampau buat cari panduan perihal apa ay hadir seterusnya. Kecerdasan buatan memory terbatas lebih kompleks serta mendatangkan peluang yang makin besar ketimbang mesin reaktif.

AI kenangan terbatas dibikin waktu team selalu latih mode perihal langkah mempelajari serta menggunakan data baru atau lingkungan AI dibikin hingga mode bisa dilatih dan diperbaharui secara automatis. Waktu manfaatkan AI kenangan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara mesti dituruti: Data kursus mesti dibikin, bentuk evaluasi mesin harus dibikin, style harus bisa membuat perkiraan, mode mesti bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, kalau operan balik mesti ditaruh sebagai data, dan sejumlah langkah ini harus ulangi selaku perputaran.

Ada tiga mode evaluasi mesin inti yang menggunakan kecerdasan buatan kenangan terbatas:

  • Reinforcement learning, adalah belajar bikin prakiraan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang kali.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang memakai data masa lampau untuk menolong memperhitungkan poin selanjutnya secara berurut. LTSM lihat info yang lebih baru selaku yang palinglah penting waktu membikin ramalan dan mendiskon data dari masa lampau, biarpun masih pakainya untuk membikin ikhtisar
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari sekian waktu, tumbuh untuk mempelajari lajur yang sedikit diubah berdasar pengalaman awal kalinya dengan tiap keputusan baru. Mode ini tanpa henti menguber lajur yang lebih bagus dan gunakan replikasi dan statistik, atau kemungkinan, untuk memperkirakan hasil sejauh perputaran reposisi evolusionernya.

Teori ingatan

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara Theory of Mind cuma itu — teoretis. Kami belum sampai kekuatan tehnologi dan ilmiah yang dibutuhkan buat menggapai tingkat kecerdasan buatan seterusnya.

Prinsip itu berdasar di premis kejiwaan wawasan jika makhluk hidup lain punya pemikiran serta emosi yang memengaruhi sikap diri satu orang. Dalam soal mesin AI, ini bermakna AI bisa pahami bagaimana hati manusia, hewan, serta mesin lain dan membikin putusan lewat refleksi serta niat diri, dan selanjutnya dapat manfaatkan data itu untuk bikin ketentuan sendiri. Secara prinsip, mesin mesti bisa mengerti dan mengerjakan prinsip “pemikiran”, fluktuasi emosi dalam ambil ketentuan serta rangkaian ide mental yang lain secara real time, membikin jalinan dua arah di antara manusia serta kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibikin dalam kecerdasan buatan, satu waktu jauh di masa datang, cara paling akhir yaitu AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sama ini mempunyai kesadaran tingkat manusia serta menyadari kehadirannya sendiri di dunia, dan kedatangan serta kondisi emosional pihak lain. Itu segera dapat pahami apa yang barangkali diperlukan seseorang bukan sekedar berdasar apa yang mereka katakan terhadap mereka namun bagaimana mereka menyampaikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di pengamat manusia yang pahami premis kesadaran kemudian belajar bagaimana menirunya maka dari itu bisa dibuat ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipakai?

Saat bicara ke beberapa orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mengawali pidatonya dengan tawarkan uraian berikut terkait bagaimana AI dipakai sekarang:

“AI merupakan Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara  skema computer yang dapat lakukan pekerjaan-pekerjaan yang rata-rata memerlukan kecerdasan manusia… Beberapa dari struktur kecerdasan buatan ini dibantu oleh evaluasi mesin, sejumlah salah satunya disokong oleh evaluasi dalam serta beberapa salah satunya ditunjang oleh perihal-perihal yang paling menjengkelkan seperti ketentuan..”

AI Sempit: Terkadang disebut yaitu “AI Kurang kuat,” macam kecerdasan buatan ini bekerja dalam kerangka terbatas dan adalah replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap diprioritaskan buat mengerjakan satu pekerjaan dengan baik sekali dan walau mesin ini kemungkinan kelihatan pintar, mereka bekerja di bawah batas serta batas yang lebih banyak dibanding kecerdasan manusia yang paling dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, terkadang dikatakan sebagai “AI Kuat,” ialah model kecerdasan buatan yang kita saksikan di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Track: The Next Generation. AGI ialah mesin dengan kecerdasan umum serta, seperti dalam manusia, bisa mengaplikasikan kecerdasan itu buat pecahkan permasalahan apapun.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada disekitaran kita serta dengan gampang adalah manifestasi kecerdasan buatan yang tersukses sampai sekarang. Dengan focus di kerjakan beberapa tugas tertentu, Narrow AI sudah mengenyam banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang punya “kegunaan sosial yang berarti dan sudah berperan di vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Persiapkan Saat Depan Kecerdasan Buatan,” suatu Laporan 2016 dilansir oleh pemerintah Obama.

Sebagian contoh AI Sempit mencakup:

  • pelacakan Google
  • Piranti lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, serta pendamping personal yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin dan Evaluasi Dalam

Mayoritas AI Sempit dibantu oleh inovasi dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam. Mengerti ketaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, dan evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen memberinya lukisan yang bagus terkait bagaimana memilah dari mereka, dengan mendata:

“Kecerdasan buatan yaitu sesetel algoritma dan kecerdasan untuk coba mencontoh kecerdasan manusia. Evaluasi mesin ialah satu diantaranya, dan evaluasi dalam salah satunya tehnik evaluasi mesin itu.”

Ringkasnya, evaluasi mesin berikan makan data computer dan memakai tehnik statistik untuk menolongnya “belajar” bagaimana bertambah baik secara progresif dalam sebuah pekerjaan, tanpa ada diprogram secara spesifik untuk pekerjaan itu, menyingkirkan keperluan akan juta-an baris code tercatat. Evaluasi mesin terbagi dalam evaluasi terawasi (memanfaatkan kelompok data punya label) dan evaluasi tanpa pemantauan (memanfaatkan kelompok data tak punya label).

Evaluasi dalam merupakan tipe evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang memperoleh ide secara biologis. Jaringan saraf memiliki kandungan beberapa susunan terselinap di mana data diolah, memungkinkannya mesin buat masuk “dalam” dalam pembelajarannya, membikin jaringan dan input pembobotan untuk hasil terunggul.

Kecerdasan Umum Buatan

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Penajam Paser Utara Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa dipraktekkan pada pekerjaan apa saja ialah Cawan Suci untuk banyak pengamat AI, namun penelusuran AGI dipenuhi dengan kesukaran.

Penelusuran “algoritme universal untuk belajar serta lakukan tindakan di lingkungan apapun,” (Russel serta Norvig 27) tidak perihal anyar, tapi waktu tak kurangi persoalan untuk membuat mesin dengan kekuatan kognitif yang komplet.

AGI sudah lama jadi ide fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super cerdik kuasai umat manusia, namun banyak pakar sepakat kalau itu bukan suatu hal yang harus kita risaukan dalam saat dekat.

LihatTutupKomentar