Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman – Kurang dari 1 dasawarsa sesudah pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu menjadi pemenang Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti histori buat ke-2 kalinya dengan pertanyaan simple: “Sanggupkah mesin memikir?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi dan Kecerdasan” (1950), serta Test Touring selanjutnya, memastikan visi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Secara prinsip, AI ialah cabang pengetahuan pc yang punya tujuan untuk jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini merupakan usaha untuk menduplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Maksud luas dari kecerdasan buatan sudah mengakibatkan pertanyaan-pertanyaan serta diskusi. Sebegitu rupa, maka tak ada uraian tunggal sektor yang diterima secara universal.

Dapatkah mesin memikir? – Alan Touring, 1950

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman Kekurangan pokok dalam membatasi AI cuma untuk “bikin mesin yang pandai” yakni kalau AI tidak serius memperjelas apakah itu kecerdasan buatan? Apa yang bikin mesin pintar? AI merupakan pengetahuan interdisipliner dengan pelbagai pendekatan, akan tetapi perubahan dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam membentuk transisi pola di nyaris tiap divisi industri technologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell dan Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di kitaran objek agen pandai dalam mesin. Dengan penilaian ini, AI yakni “study terkait agen yang terima pandangan dari lingkungan serta lakukan tindakan.” (Russel serta Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang siap waktu ini.

Norvig serta Russell meneruskan buat mendalami empat pendekatan tidak serupa yang bersejarah membatasi bagian AI:

  • Pikir secara manusiawi
  • Berpikiran objektif
  • Melakukan tindakan secara manusiawi
  • Melakukan tindakan masuk akal

Dua buah pikiran pertama tersangkut proses berpikiran dan penalaran, sementara yang lainnya bermasalah dengan sikap. Norvig serta Russell focus khususnya di agen logis yang melakukan tindakan untuk capai hasil terbaik, menulis “semua keahlian yang diperlukan buat Test Touring memungkinnya agen buat melakukan tindakan logis.” (Russel serta Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan dan pengetahuan computer Ford di MIT, mendeskripsikan AI jadi “algoritme yang diaktifkan oleh masalah, dibeber oleh representasi yang memberikan dukungan style yang direncanakan pada loop yang mengikat pikiran, pemahaman, serta aksi sama-sama.”

Sementara uraian ini barangkali nampak abstrak buat banyak orang, mereka menolong memusatkan area ini menjadi bagian pengetahuan computer dan memberinya buat biru untuk masukkan mesin serta program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.

APA ITU AI?

Empat Macam Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman Mesin reaktif ikuti dasar AI yang amat dasar serta, sama dengan namanya, cuman sanggup gunakan kepintarannya untuk lihat serta bereaksi kepada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa menaruh ingatan dan oleh karena itu tidak bisa mempercayakan pengalaman waktu dulu untuk memberitahukan ambil putusan secara real-time.

Mendalami dunia dengan cara langsung bermakna jika mesin reaktif didesain untuk selesaikan cuman beberapa pekerjaan spesial yang terbatas. Tapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara berniat tidak perbuatan pemangkasan ongkos apa saja, serta kebalikannya mempunyai arti kalau model AI ini bakal makin dapat diakui serta bisa dihandalkan — dia dapat bereaksi yang sama pada rangsangan yang serupa kapan saja.

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman Contoh termasyhur dari mesin reaktif merupakan Deep Blue, yang didesain oleh IBM di tahun 1990-an jadi superkomputer yang main catur dan menaklukkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam sebuah games. Deep Blue cuma sanggup menganalisis bidak-bidak di papan catur dan mengenal bagaimana tiap-tiap pergerakan menurut peraturan catur, mengetahui status masing-masing bidak waktu ini, dan tentukan cara apa yang paling rasional ketika itu. Pc tak kejar pergerakan menjanjikan di hari esok oleh rivalnya atau coba tempatkan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap kelokan diliat sebagai realistisnya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibikin awalnya.

Contoh lain dari mesin reaktif main games merupakan Google AlphaGo. AlphaGo pun tidak dapat mempelajari pergerakan di hari esok tapi tergantung di jaringan sarafnya sendiri buat menilai kemajuan permainan sekarang ini, berikan keunggulan atas Deep Blue dalam permainan yang lebih kompleks. AlphaGo taklukkan kompetitor permainan kelas dunia, taklukkan pemain juara Go Lee Sedol pada 2016.

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman Walaupun lingkupnya terbatas dan tak gampang diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa capai tingkat persoalan, serta menjajakan kehebatan saat dibikin buat penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.

Memory Terbatas

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman ingatan terbatas mempunyai kekuatan untuk menaruh data dan perkiraan awalnya saat menghimpun data dan mengangsung putusan menjanjikan — pada prinsipnya menyaksikan ke masa lampau untuk cari anjuran terkait apa ay hadir seterusnya. Kecerdasan buatan memory terbatas lebih kompleks dan mendatangkan peluang yang bertambah besar dibanding mesin reaktif.

AI kenangan terbatas dibikin waktu team terus latih bentuk mengenai metode menelaah serta memakai data baru atau lingkungan AI dibikin maka dari itu bentuk bisa dilatih dan diperbaharui secara automatic. Waktu menggunakan AI ingatan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara mesti dituruti: Data training mesti dibikin, bentuk evaluasi mesin harus dibikin, mode harus bisa membikin prakiraan, mode harus bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, kalau operan balik mesti diletakkan jadi data, dan sejumlah langkah ini mesti diulangi jadi perputaran.

Ada tiga style evaluasi mesin khusus yang manfaatkan kecerdasan buatan ingatan terbatas:

  • Reinforcement learning, adalah belajar bikin prakiraan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang-ulang.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang memakai data waktu dulu buat menolong memperhitungkan elemen selanjutnya secara berturutan. LTSM memandang data yang lebih anyar menjadi yang terpenting saat membuat prakiraan dan mendiskon data dari masa lampau, meskipun masih memakainya untuk membikin ringkasan
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari kian waktu, tumbuh untuk mengeksploitasi lajur yang sedikit diubah menurut pengalaman awal kalinya dengan tiap-tiap keputusan anyar. Bentuk ini tiada henti menguber lajur yang lebih bagus serta gunakan replikasi serta statistik, atau kemungkinan, buat memperhitungkan hasil sejauh perputaran reposisi evolusionernya.

Teori ingatan

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman Theory of Mind itu saja — teoretis. Kami belum capai potensi tehnologi serta ilmiah yang dibutuhkan untuk menggapai tingkat kecerdasan buatan seterusnya.

Rencana itu berdasar di premis mental pengetahuan kalau makhluk hidup lain punya ingatan dan emosi yang pengaruhi sikap diri seorang. Dalam soal mesin AI, ini memiliki arti AI bisa mendalami bagaimana hati manusia, hewan, serta mesin lain dan membikin ketentuan lewat refleksi dan niat diri, kemudian akan memakai data itu untuk membikin ketetapan sendiri. Pada intinya, mesin mesti bisa mengerti serta mengerjakan rancangan “pemikiran”, fluktuasi emosi dalam ambil ketetapan dan rangkaian ide kejiwaan yang lain secara real time, membikin jalinan dua arah di antara manusia dan kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibikin dalam kecerdasan buatan, satu waktu jauh di hari esok, cara paling akhir merupakan AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sama ini punya kesadaran tingkat manusia serta menyadari kehadirannya sendiri di dunia, dan datangnya serta situasi emosional pihak lain. Itu segera dapat menyadari apa yang barangkali diperlukan seseorang bukan hanya menurut apa yang mereka beritahukan ke mereka akan tetapi bagaimana mereka menyampaikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di ilmuwan manusia yang mendalami premis kesadaran dan belajar bagaimana menduplikasinya hingga bisa dibuat ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipergunakan?

Waktu berkata ke beberapa orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mengawali pidatonya dengan tawarkan arti berikut terkait bagaimana AI dipakai sekarang:

“AI yaitu Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman  metode pc yang sanggup lakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan kecerdasan manusia… Beberapa dari prosedur kecerdasan buatan ini ditopang oleh evaluasi mesin, beberapa salah satunya ditopang oleh evaluasi dalam serta sejumlah salah satunya ditunjang oleh sejumlah hal yang paling menjengkelkan seperti ketentuan..”

AI Sempit: Kadang disebut yaitu “AI Kurang kuat,” type kecerdasan buatan ini bekerja dalam kerangka terbatas dan sebagai replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap dikhususkan buat mengerjakan satu pekerjaan dengan baik sekali serta walau mesin ini barangkali kelihatan pintar, mereka bekerja di bawah batas dan batas yang semakin banyak dibanding kecerdasan manusia yang sangat dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, terkadang disebut yaitu “AI Kuat,” merupakan macam kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Track: The Next Generation. AGI ialah mesin dengan kecerdasan umum dan, seperti juga manusia, bisa mengimplementasikan kecerdasan itu untuk pecahkan perkara apapun.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada di sekeliling kita serta secara mudah sebagai perwujudan kecerdasan buatan yang paling berhasil sampai waktu ini. Dengan konsentrasi pada mengerjakan beberapa tugas spesifik, Narrow AI sudah alami banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang punya “kegunaan sosial yang berarti dan sudah berperan pada vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Menyiapkan Periode Depan Kecerdasan Buatan,” suatu Laporan 2016 dikeluarkan oleh pemerintah Obama.

Sebagian contoh AI Sempit mencakup:

  • pelacakan Google
  • Feature lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, dan pendamping personal yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin dan Evaluasi Dalam

Sejumlah besar AI Sempit ditunjang oleh inovasi dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam. Mengerti ketaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, dan evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen memberinya lukisan yang bagus perihal bagaimana membandingkan dari mereka, dengan mendata:

“Kecerdasan buatan yaitu seperangkatan algoritma dan kecerdasan untuk coba menyerupai kecerdasan manusia. Evaluasi mesin ialah satu diantaranya, dan evaluasi dalam yaitu salah satunya tehnik evaluasi mesin itu.”

Ringkasnya, evaluasi mesin memberinya makan data pc serta memanfaatkan tehnik statistik buat menolongnya “belajar” bagaimana lebih menjadi baik secara progresif pada suatu pekerjaan, tanpa diprogram secara eksklusif buat pekerjaan itu, menyingkirkan keperluan dapat juta-an baris code terdaftar. Evaluasi mesin terbagi dalam evaluasi terawasi (memakai himpunan data memiliki label) serta evaluasi tanpa pemantauan (memanfaatkan himpunan data tidak mempunyai label).

Evaluasi dalam ialah tipe evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang di inspirasi secara biologis. Jaringan saraf memiliki kandungan beberapa susunan terpendam di mana data diolah, memungkinkannya mesin untuk masuk “dalam” dalam pembelajarannya, bikin jaringan dan input pembobotan untuk hasil terbaik.

Kecerdasan Umum Buatan

Asal Usul Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Pariaman Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diaplikasikan di pekerjaan apa saja merupakan Cawan Suci buat banyak ilmuwan AI, akan tetapi pelacakan AGI banyak persoalan.

Penelusuran “algoritme universal untuk belajar dan melakukan tindakan di lingkungan apapun,” (Russel serta Norvig 27) tidaklah soal anyar, akan tetapi waktu tak kurangi kepelikan buat membuat mesin dengan kapabilitas kognitif yang komplet.

AGI udah lama jadi ide fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super cerdik kuasai umat manusia, akan tetapi banyak pakar sepakat jika itu bukan suatu yang penting kita cemaskan.kuatirkan dalam saat dekat.

LihatTutupKomentar