Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat – Kurang dari 1 dasawarsa seusai pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu memenangi Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti riwayat untuk ke-2 kalinya dengan pertanyaan simple: “Sanggupkah mesin memikir?”
Makalah Touring “Mesin Komputasi dan Kecerdasan” (1950), serta Ujian Touring seterusnya, memastikan visi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.
Pada prinsipnya, AI ialah cabang pengetahuan computer yang memiliki tujuan untuk jawab pertanyaan Touring dengan keras. Ini merupakan usaha buat menduplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.
Arah luas dari kecerdasan buatan udah mengundang pertanyaan-pertanyaan serta pembicaraan. Demikian rupa, maka tak ada pengertian tunggal sektor yang diterima secara universal.
Dapatkah mesin memikir? – Alan Touring, 1950
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat Minim inti dalam membatasi AI cuma untuk “bikin mesin yang pintar” ialah kalau AI tidak serius menerangkan apakah yang dimaksud kecerdasan buatan? Apa yang membikin mesin cerdik? AI yaitu pengetahuan interdisipliner dengan beberapa pendekatan, tapi perkembangan dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam membentuk pengubahan pola di nyaris tiap-tiap bidang industri technologi.
Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell serta Peter Norvig dekati pertanyaan dengan jadikan satu tugas mereka disekitaran objek agen cerdik dalam mesin. Dengan pertimbangan ini, AI merupakan “study mengenai agen yang terima pengertian dari lingkungan serta bertindak.” (Russel dan Norvig viii)
PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG
Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang siap sekarang ini.
Norvig dan Russell menyambung buat menjelajahi empat pendekatan berlainan yang bersejarah mendeskripsikan sektor AI:
- Pikir secara manusiawi
- Pikir masuk akal
- Lakukan tindakan secara manusiawi
- Lakukan tindakan logis
Dua buah pikiran pertama tersangkut proses berpikiran dan penalaran, sementara yang lainnya berhubungan dengan tabiat. Norvig serta Russell focus terpenting di agen objektif yang lakukan tindakan untuk gapai hasil terpilih, mendata “semua ketrampilan yang diperlukan buat Test Touring pula memungkinnya agen buat melakukan tindakan objektif.” (Russel dan Norvig 4).
Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan serta pengetahuan pc Ford di MIT, mengartikan AI selaku “algoritme yang diaktifkan oleh hambatan, dibuka oleh representasi yang memberi dukungan bentuk yang ditarget pada loop yang mengikat penilaian, pandangan, serta perlakuan saling bersama.”
Sementara pengertian ini barangkali terlihat abstrak buat banyak orang, mereka menolong menitik beratkan bagian ini menjadi bagian pengetahuan computer dan memberinya bikin biru untuk masukkan mesin dan program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.
KECERDASAN BUATAN DIJELASKAN
Empat Model Kecerdasan Buatan
Mesin Reaktif
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat Mesin reaktif mengikut konsep AI yang paling dasar serta, sama dengan namanya, cuma sanggup memanfaatkan kepandaiannya buat memandang serta bereaksi kepada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa simpan ingatan dan mengakibatkan tidak bisa memercayakan pengalaman masa dulu untuk memberitahukan ambil keputusan secara real-time.
Menyadari dunia langsung bermakna jika mesin reaktif didesain buat menuntaskan cuman beberapa pekerjaan privat yang terbatas. Tapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara berencana bukan perbuatan pemangkasan ongkos apa saja, dan kebalikannya bermakna kalau type AI ini bakal makin dapat diyakini serta bisa dipercaya — dia bakal bereaksi dengan sama pada rangsangan yang serupa setiap waktu.
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat Contoh tersohor dari mesin reaktif yakni Deep Blue, yang direncanakan oleh IBM di tahun 1990-an selaku superkomputer yang main catur dan kalahkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam sebuah permainan. Deep Blue cuma sanggup mengenali bidak-bidak di papan catur serta mengenal bagaimana tiap-tiap pergerakan berdasar pada peraturan catur, mengenal status semasing bidak sekarang, dan tentukan cara apa yang paling objektif ketika itu. Computer tak memburu pergerakan prospektif di hari depan oleh rivalnya atau coba memposisikan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap-tiap tikungan di pandang sebagai kenyataannya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibentuk awal mulanya.
Contoh lain dari mesin reaktif bermain permainan ialah Google AlphaGo. AlphaGo tidak juga sanggup menilai pergerakan di masa datang akan tetapi tergantung pada jaringan sarafnya sendiri untuk mempelajari kemajuan permainan waktu ini, memberinya keunggulan atas Deep Blue dalam games yang lebih kompleks. AlphaGo pun kalahkan lawan games kelas dunia, taklukkan pemain juara Go Lee Sedol di 2016.
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat Meskipun lingkupnya terbatas dan tidak gampang diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa sampai tingkat kesulitan, dan tawarkan kehebatan saat dibikin untuk penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.
Kenangan Terbatas
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat kenangan terbatas punyai kebolehan buat menaruh data serta prakiraan awal mulanya saat kumpulkan data dan mengangsung ketetapan menjanjikan — pada prinsipnya memandang ke masa dahulu buat cari panduan mengenai apa ay hadir selanjutnya. Kecerdasan buatan kenangan terbatas lebih kompleks dan mendatangkan peluang yang semakin besar dibanding mesin reaktif.
AI memory terbatas dibentuk saat team terus latih mode mengenai trik menganalisa dan manfaatkan data anyar atau lingkungan AI dibikin maka dari itu style bisa dilatih serta diperbaiki secara automatis. Saat manfaatkan AI kenangan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara mesti dituruti: Data training mesti dibikin, style evaluasi mesin harus dibentuk, style mesti bisa membikin perkiraan, mode harus bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, jika operan balik harus diletakkan sebagai data, dan sejumlah langkah ini harus diulangi selaku perputaran.
Ada tiga style evaluasi mesin inti yang menggunakan kecerdasan buatan memory terbatas:
- Reinforcement learning, ialah belajar bikin prakiraan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang kali.
- Long Short Termin Memori (LSTM), yang menggunakan data waktu dulu untuk menolong memperkirakan elemen selanjutnya secara berturutan. LTSM memandang data yang lebih baru selaku yang palinglah penting waktu membuat ramalan serta mendiskon data dari masa silam, meskipun masih memakainya untuk bikin ringkasan
- Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari hari ke hari, tumbuh buat mengeksploitasi lajur yang sedikit diubah menurut pengalaman awalnya dengan tiap-tiap ketetapan anyar. Mode ini tak henti kejar lajur yang lebih bagus serta memakai replikasi serta statistik, atau kemungkinan, buat memperhitungkan hasil sejauh perputaran perubahan evolusionernya.
Teori ingatan
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat Theory of Mind cuma itu — teoretis. Kami belum gapai kebolehan tehnologi serta ilmiah yang dibutuhkan buat gapai tingkat kecerdasan buatan selanjutnya.
Ide itu didasari di premis kejiwaan wawasan jika makhluk hidup lain punya pemikiran serta emosi yang pengaruhi tabiat diri seorang. Dalam soal mesin AI, ini bermakna AI bisa mendalami bagaimana hati manusia, hewan, dan mesin lain dan membikin keputusan lewat refleksi serta niat diri, kemudian bakal memakai info itu untuk membikin ketentuan sendiri. Pada prinsipnya, mesin mesti bisa mengerti serta mengerjakan prinsip “pemikiran”, fluktuasi emosi dalam ambil putusan serta sekumpulan prinsip mental yang lain secara real time, membuat pertalian dua arah di antara manusia serta kecerdasan buatan.
BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S
Kesadaran diri
Demikian Theory of Mind bisa dibikin dalam kecerdasan buatan, satu saat jauh di hari depan, cara paling akhir ialah AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sesuai ini punyai kesadaran tingkat manusia dan mengerti kemunculannya sendiri di dunia, dan kedatangan serta kondisi emosional seseorang. Itu dapat mengerti apa yang kemungkinan diperlukan pihak lain tidak sekedar berdasar pada apa yang mereka beritahukan ke mereka tapi bagaimana mereka menyampaikannya.
Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di ilmuwan manusia yang pahami premis kesadaran kemudian belajar bagaimana menirunya hingga bisa dibuat ke mesin.
PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI
AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.
Bagaimana AI Dipakai?
Waktu bercakap terhadap banyak orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mengawali pidatonya dengan tawarkan arti berikut mengenai bagaimana AI dipakai sekarang ini:
“AI yakni Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat struktur pc yang sanggup melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang rata-rata perlu kecerdasan manusia… Sebagian dari struktur kecerdasan buatan ini dibantu oleh evaluasi mesin, beberapa salah satunya ditunjang oleh evaluasi dalam serta beberapa salah satunya disokong oleh perihal-perihal yang paling menjengkelkan seperti peraturan..”
AI Sempit: Terkadang disebut yaitu “AI Kurang kuat,” macam kecerdasan buatan ini bekerja dalam kondisi terbatas dan adalah replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap diprioritaskan untuk melaksanakan satu pekerjaan dengan baik sekali dan kendati mesin ini kemungkinan nampak pandai, mereka bekerja di bawah batas serta batas yang semakin lebih banyak dibanding kecerdasan manusia yang sangat dasar sekalinya.
Artificial General Intelligence (AGI): AGI, kadang dikatakan sebagai “AI Kuat,” ialah type kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Track: The Next Generation. AGI yakni mesin dengan kecerdasan umum dan, seperti dalam manusia, bisa mengimplementasikan kecerdasan itu buat pecahkan problem apa saja.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada disekitaran kita serta secara gampang adalah manifestasi kecerdasan buatan yang tersukses sampai sekarang ini. Dengan focus di melaksanakan banyak tugas spesifik, Narrow AI sudah merasakan banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang punyai “faedah sosial yang penting serta sudah berperan pada vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Menyediakan Saat Depan Kecerdasan Buatan,” sebuah Laporan 2016 dikeluarkan oleh pemerintah Obama.
Contoh-contoh AI Sempit mencakup:
- penelusuran Google
- Feature lunak pengenalan gambar
- Siri, Alexa, serta pendamping individu yang lain
- Mobil self-driving
- Watson IBM
Evaluasi Mesin serta Evaluasi Dalam
Mayoritas AI Sempit ditopang oleh inovasi dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam. Pahami ketidaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, serta evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen berikan lukisan yang bagus mengenai bagaimana memperbandingkan dari mereka, dengan menulis:
“Kecerdasan buatan yakni sesetel algoritma serta kecerdasan buat coba menyerupai kecerdasan manusia. Evaluasi mesin ialah diantaranya, serta evaluasi dalam satu diantara tehnik evaluasi mesin itu.”
Simpelnya, evaluasi mesin memberikan makan data computer dan memakai tehnik statistik untuk menolongnya “belajar” bagaimana jadi lebih baik secara progresif pada suatu pekerjaan, tanpa diprogram secara spesial untuk pekerjaan itu, hilangkan keperluan dapat juta-an baris code tercatat. Evaluasi mesin terbagi dalam evaluasi terawasi (memanfaatkan kelompok data mempunyai label) serta evaluasi tanpa pemantauan (memanfaatkan himpunan data tak memiliki label).
Evaluasi dalam yaitu type evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang memperoleh inspirasi secara biologis. Jaringan saraf memiliki kandungan beberapa susunan terpendam di mana data diolah, memungkinkannya mesin untuk masuk “dalam” dalam pembelajarannya, membuat jaringan dan input pembobotan buat hasil terhebat.
Kecerdasan Umum Buatan
Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kalimantan Barat Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diaplikasikan di pekerjaan apa saja merupakan Cawan Suci buat banyak ilmuwan AI, namun pelacakan AGI sarat dengan kesusahan.
Penelusuran “algoritme universal buat belajar dan lakukan tindakan di lingkungan apa saja,” (Russel dan Norvig 27) bukan soal anyar, akan tetapi waktu tak kurangi kepelikan untuk membentuk mesin dengan kebolehan kognitif yang komplet.
AGI sudah lama jadi buah pikiran fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super cerdik kuasai umat manusia, tapi beberapa pakar sepakat kalau itu bukan suatu hal yang harus kita cemaskan.kuatirkan dalam saat dekat.