Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa – Kurang dari 1 dasawarsa seusai pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu jadi pemenang Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti peristiwa untuk ke-2 kalinya dengan pertanyaan simple: “Sanggupkah mesin berpikiran?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi dan Kecerdasan” (1950), serta Test Touring selanjutnya, memutuskan visi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Pada dasarnya, AI ialah cabang pengetahuan computer yang punya tujuan untuk jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini yakni usaha untuk meniru atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Maksud luas dari kecerdasan buatan udah mengakibatkan pertanyaan-pertanyaan dan pembicaraan. Demikian rupa, maka dari itu tidak ada arti tunggal bagian yang diterima secara universal.

Sanggupkah mesin berpikiran? – Alan Touring, 1950

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa Minim khusus dalam mengartikan AI cuma untuk “membuat mesin yang pintar” yaitu jika AI tidak betul-betul memperjelas apakah itu kecerdasan buatan? Apa yang bikin mesin pintar? AI yakni pengetahuan interdisipliner dengan beberapa pendekatan, namun perkembangan dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam membentuk pengubahan pola hampir di tiap bidang industri technologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell dan Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di sekeliling obyek agen pandai dalam mesin. Dengan pikiran ini, AI yakni “study mengenai agen yang terima pemahaman dari lingkungan dan bertindak.” (Russel dan Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang ada waktu ini.

Norvig dan Russell menambahkan untuk mengeksploitasi empat pendekatan berlainan yang bersejarah membatasi sektor AI:

  • Pikir secara manusiawi
  • Memikir objektif
  • Melakukan tindakan secara manusiawi
  • Lakukan tindakan objektif

Dua inspirasi pertama tersangkut proses pikir dan penalaran, sementara yang lainnya berhubungan dengan tabiat. Norvig dan Russell focus khususnya di agen logis yang melakukan tindakan untuk sampai hasil terunggul, menulis “semuanya keahlian yang diperlukan buat Ujian Touring memungkinkannya agen buat melakukan tindakan objektif.” (Russel dan Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan serta pengetahuan computer Ford di MIT, membatasi AI selaku “algoritme yang diaktifkan oleh masalah, dibeber oleh representasi yang memberikan dukungan bentuk yang ditarget pada loop yang mengikat pikiran, pemikiran, serta perlakuan saling bersama.”

Sementara arti ini barangkali terlihat abstrak buat banyak orang, mereka menolong fokus sektor ini selaku area pengetahuan pc dan memberinya buat biru buat masukkan mesin serta program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.

JENIS KECERDASAN BUATAN

Empat Tipe Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa Mesin reaktif mengikut konsep AI yang sangat dasar dan, sama dengan namanya, cuman bisa memakai kepintarannya buat menyaksikan serta bereaksi kepada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa simpan memory serta karena itu tidak bisa mempercayakan pengalaman masa lampau buat mengatakan ambil putusan secara real-time.

Pahami dunia langsung memiliki arti kalau mesin reaktif didesain buat selesaikan cuma beberapa pekerjaan pribadi yang terbatas. Tapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara menyengaja tidaklah perlakuan pemangkasan cost apapun, serta kebalikannya memiliki arti kalau macam AI ini dapat semakin dapat diyakini dan bisa dihandalkan — dia akan bereaksi dengan sama pada rangsangan yang serupa kapan saja.

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa Contoh populer dari mesin reaktif merupakan Deep Blue, yang didesain oleh IBM di tahun 1990-an sebagai superkomputer yang main catur dan menundukkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam suatu permainan. Deep Blue cuman dapat menganalisis bidak-bidak di papan catur serta mengerti bagaimana tiap pergerakan berdasar ketentuan catur, mengenal status masing-masing bidak waktu ini, serta tentukan cara apa yang sangat objektif ketika itu. Pc tidak kejar pergerakan menjanjikan di masa datang oleh rivalnya atau coba tempatkan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap-tiap tikungan di pandang jadi realitanya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibikin awal kalinya.

Contoh lain dari mesin reaktif main permainan yakni Google AlphaGo. AlphaGo pun tidak dapat menilai pergerakan di hari depan tapi tergantung pada jaringan sarafnya sendiri buat menilai perubahan games sekarang ini, berikan keunggulan atas Deep Blue dalam games yang lebih kompleks. AlphaGo menaklukkan lawan permainan kelas dunia, taklukkan pemain juara Go Lee Sedol di 2016.

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa Biarpun lingkupnya terbatas serta tak gampang diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa capai tingkat kesulitan, dan tawarkan kelebihan saat dibikin buat penuhi pekerjaan yang berulang kali.

Kenangan Terbatas

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa ingatan terbatas mempunyai kekuatan untuk menaruh data serta ramalan awal mulanya waktu menyatukan info dan mengangsung keputusan menjanjikan — secara prinsip memandang ke masa silam buat cari anjuran mengenai apa ay hadir selanjutnya. Kecerdasan buatan kenangan terbatas lebih kompleks dan mendatangkan peluang yang makin besar ketimbang mesin reaktif.

AI memory terbatas dibikin saat team terus latih bentuk mengenai teknik mempelajari dan menggunakan data baru atau lingkungan AI dibikin maka style bisa dilatih serta diperbaiki secara automatic. Saat menggunakan AI ingatan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara harus dituruti: Data training harus dibikin, style evaluasi mesin harus dibikin, mode mesti bisa membikin ramalan, bentuk harus bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, jika operan balik harus diletakkan selaku data, serta sejumlah langkah ini mesti ulangi selaku perputaran.

Ada tiga bentuk evaluasi mesin pokok yang manfaatkan kecerdasan buatan ingatan terbatas:

  • Reinforcement learning, adalah belajar bikin ramalan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang-ulang.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang memakai data masa dahulu buat menolong meramalkan poin selanjutnya secara berurut. LTSM lihat data yang lebih anyar menjadi yang terpenting waktu membuat perkiraan serta mendiskon data dari masa dulu, biarpun masih pakainya buat bikin rangkuman
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari kian waktu, tumbuh untuk mempelajari lajur yang sedikit diubah berdasar pengalaman awal mulanya dengan tiap-tiap ketentuan baru. Mode ini terus-terusan kejar lajur yang lebih bagus dan memanfaatkan replikasi serta statistik, atau kemungkinan, buat memperhitungkan hasil sejauh transisi perubahan evolusionernya.

Teori pemikiran

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa Theory of Mind cuma itu — teoretis. Kami belum menggapai kebolehan technologi serta ilmiah yang dibutuhkan untuk menggapai tingkat kecerdasan buatan selanjutnya.

Ide itu berdasar pada premis mental pengetahuan kalau makhluk hidup lain miliki pemikiran serta emosi yang mengubah sikap diri satu orang. Dalam soal mesin AI, ini bermakna AI bisa mengerti bagaimana hati manusia, hewan, serta mesin lain serta bikin keputusan lewat refleksi dan niat diri, selanjutnya dapat menggunakan data itu untuk bikin ketetapan sendiri. Pada prinsipnya, mesin mesti dapat mengerti serta mengerjakan prinsip “ingatan”, fluktuasi emosi dalam ambil keputusan serta rangkaian prinsip mental yang lain secara real time, membentuk interaksi dua arah di antara manusia dan kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibikin dalam kecerdasan buatan, satu saat jauh di hari esok, cara paling akhir yaitu AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sesuai ini mempunyai kesadaran tingkat manusia serta mengerti kemunculannya sendiri di dunia, dan hadirnya serta situasi emosional seseorang. Itu dapat mengerti apa yang kemungkinan diperlukan pihak lain tidak sekedar menurut apa yang mereka beritahukan terhadap mereka tapi bagaimana mereka menyampaikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik pada periset manusia yang mengerti premis kesadaran dan belajar bagaimana menirunya hingga bisa dibuat ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipergunakan?

Waktu bicara terhadap banyak orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mulai pidatonya dengan tawarkan pengertian berikut mengenai bagaimana AI dipakai waktu ini:

“AI yaitu Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa  struktur computer yang sanggup kerjakan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya perlu kecerdasan manusia… Beberapa dari mekanisme kecerdasan buatan ini disokong oleh evaluasi mesin, sejumlah salah satunya ditunjang oleh evaluasi dalam serta sejumlah salah satunya dibantu oleh perihal-perihal yang paling menjemukan seperti ketentuan..”

AI Sempit: Kadang disebut yaitu “AI Kurang kuat,” macam kecerdasan buatan ini bekerja dalam kerangka terbatas dan sebagai replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap diutamakan untuk mengerjakan satu pekerjaan dengan baik sekali serta biarpun mesin ini barangkali nampak cerdik, mereka bekerja di bawah batas serta batas yang lebih banyak dibanding kecerdasan manusia yang sangat dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, kadangkala dikatakan sebagai “AI Kuat,” yaitu macam kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Lintasan: The Next Generation. AGI merupakan mesin dengan kecerdasan umum dan, seperti sama manusia, bisa menempatkan kecerdasan itu buat pecahkan perkara apa saja.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada di kitaran kita serta secara mudah sebagai perwujudan kecerdasan buatan yang tersukses sampai sekarang ini. Dengan focus di mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersendiri, Narrow AI udah alami banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang mempunyai “faedah sosial yang berarti serta udah berperan di vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Menyediakan Periode Depan Kecerdasan Buatan,” sebuah Laporan 2016 diluncurkan oleh pemerintah Obama.

Contoh-contoh AI Sempit mencakup:

  • pelacakan Google
  • Fitur lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, serta pendamping personal yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin dan Evaluasi Dalam

Sejumlah besar AI Sempit ditopang oleh inovasi dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam. Mendalami ketidakcocokan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, dan evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen berikan lukisan yang bagus terkait bagaimana membandingkan dari mereka, dengan mendata:

“Kecerdasan buatan merupakan seperangkatan algoritma dan kecerdasan untuk coba mencontoh kecerdasan manusia. Evaluasi mesin merupakan diantaranya, serta evaluasi dalam satu diantara tehnik evaluasi mesin itu.”

Ringkasnya, evaluasi mesin memberinya makan data pc serta memakai tehnik statistik untuk menolongnya “belajar” bagaimana lebih menjadi baik secara progresif pada suatu pekerjaan, tanpa ada diprogram secara spesial untuk pekerjaan itu, hilangkan keperluan dapat juta-an baris code terdaftar. Evaluasi mesin terdiri dalam evaluasi terawasi (gunakan himpunan data mempunyai label) serta evaluasi tiada pemantauan (memakai himpunan data tak memiliki label).

Evaluasi dalam merupakan macam evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang mendapat ide secara biologis. Jaringan saraf punya kandungan beberapa susunan terpendam di mana data diolah, memungkinkannya mesin buat masuk “dalam” dalam pembelajarannya, bikin hubungan dan input pembobotan untuk hasil terhebat.

Kecerdasan Umum Buatan

Sejarah Masuknya Kecerdasan Buatan ke Kota Langsa Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diimplikasikan pada pekerjaan apapun merupakan Cawan Suci untuk banyak pengamat AI, tapi penelusuran AGI banyak kesukaran.

Penelusuran “algoritme universal buat belajar serta melakukan tindakan di lingkungan apa saja,” (Russel dan Norvig 27) bukan soal baru, akan tetapi waktu tak kurangi kepelikan buat membikin mesin dengan kebolehan kognitif yang komplet.

AGI sudah lama jadi buah pikiran fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super pandai kuasai umat manusia, tapi beberapa pakar sepakat jika itu bukan suatu yang harus kita cemaskan.kuatirkan dalam kurun dekat.

LihatTutupKomentar