Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh – Kurang dari 1 dasawarsa seusai pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu jadi pemenang Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti riwayat buat ke-2 kalinya dengan pertanyaan simple: “Dapatkah mesin pikir?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi serta Kecerdasan” (1950), serta Ujian Touring selanjutnya, memutuskan visi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Pada dasarnya, AI merupakan cabang pengetahuan pc yang mempunyai tujuan buat jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini yakni usaha untuk menduplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Maksud luas dari kecerdasan buatan sudah memunculkan pertanyaan-pertanyaan serta diskusi. Demikian rupa, maka tak ada pengertian tunggal sektor yang diterima secara universal.

Sanggupkah mesin berpikiran? – Alan Touring, 1950

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh Kekurangan inti dalam mengartikan AI cuma untuk “bikin mesin yang pintar” yaitu jika AI tak betul-betul mengatakan apa yang dimaksud kecerdasan buatan? Apa yang membuat mesin pintar? AI yaitu pengetahuan interdisipliner dengan bermacam pendekatan, namun perubahan dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam membikin transisi pola nyaris di tiap divisi industri tehnologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell serta Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di sekeliling obyek agen pandai dalam mesin. Dengan pikiran ini, AI merupakan “study terkait agen yang terima pemikiran dari lingkungan dan bertindak.” (Russel serta Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang ada sekarang.

Norvig serta Russell menambahkan untuk mengeksploitasi empat pendekatan tidak sama yang dengan bersejarah mengartikan bagian AI:

  • Berpikiran secara manusiawi
  • Memikir masuk akal
  • Lakukan tindakan secara manusiawi
  • Lakukan tindakan logis

Dua inspirasi pertama tersangkut proses berpikiran dan penalaran, sementara yang lainnya bermasalah dengan tabiat. Norvig dan Russell focus terpenting di agen objektif yang melakukan tindakan untuk gapai hasil terunggul, menulis “semuanya keahlian yang diperlukan untuk Test Touring pula memungkinnya agen buat lakukan tindakan logis.” (Russel serta Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan serta pengetahuan computer Ford di MIT, membatasi AI menjadi “algoritme yang diaktifkan oleh hambatan, dibuka oleh representasi yang memberikan dukungan bentuk yang ditarget di loop yang mengikat pertimbangan, pemahaman, dan perlakuan bersama.”

Sementara uraian ini barangkali nampak abstrak buat banyak orang, mereka menolong menitik beratkan bagian ini selaku bagian pengetahuan computer serta berikan buat biru buat masukkan mesin dan program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.

JENIS KECERDASAN BUATAN

Empat Macam Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh Mesin reaktif mengikut konsep AI yang amat dasar dan, sama dengan namanya, cuma sanggup gunakan kepandaiannya buat lihat serta bereaksi pada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa simpan memory dan karena itu tidak bisa memercayakan pengalaman masa dahulu untuk memberitahukan ambil putusan secara real-time.

Menyadari dunia dengan cara langsung mempunyai arti kalau mesin reaktif direncanakan untuk mengakhiri cuman beberapa pekerjaan teristimewa yang terbatas. Tetapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara menyengaja tidaklah perlakuan pemangkasan cost apapun, dan kebalikannya mempunyai arti jika tipe AI ini akan semakin dapat dipercayai serta bisa dipercaya — dia bakal bereaksi secara sama pada rangsangan yang serupa sewaktu waktu.

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh Contoh tersohor dari mesin reaktif yakni Deep Blue, yang didesain oleh IBM di tahun 1990-an selaku superkomputer yang main catur dan taklukkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam sebuah games. Deep Blue cuma sanggup mengenali bidak-bidak di papan catur serta mengerti bagaimana tiap pergerakan berdasar pada peraturan catur, mengenal status masing-masing bidak waktu ini, dan tentukan cara apa yang amat masuk akal pada waktu itu. Pc tidak menguber pergerakan menjanjikan di hari depan oleh saingannya atau coba tempatkan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap-tiap kelokan dilihat selaku faktanya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibentuk awalnya.

Contoh lain dari mesin reaktif main permainan merupakan Google AlphaGo. AlphaGo pun tidak dapat menilai pergerakan di masa datang namun tergantung di jaringan sarafnya sendiri buat menilai perubahan games sekarang ini, memberi keunggulan atas Deep Blue dalam games yang lebih kompleks. AlphaGo taklukkan lawan permainan kelas dunia, menundukkan pemain juara Go Lee Sedol di 2016.

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh Walaupun lingkupnya terbatas serta tidak simpel diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa capai tingkat kesukaran, serta menjajakan kehebatan saat dibentuk untuk penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.

Memory Terbatas

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh kenangan terbatas punyai kapabilitas buat menaruh data dan perkiraan awal kalinya waktu kumpulkan info dan mengangsung putusan prospektif — secara prinsip memandang ke masa silam buat cari saran mengenai apa ay ada selanjutnya. Kecerdasan buatan ingatan terbatas lebih kompleks dan mendatangkan peluang yang bertambah besar ketimbang mesin reaktif.

AI kenangan terbatas dibikin saat klub selalu latih mode terkait metode menelaah serta menggunakan data baru atau lingkungan AI dibikin maka dari itu mode bisa dilatih dan diperbaiki secara automatis. Saat memakai AI kenangan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara harus dituruti: Data kursus harus dibentuk, style evaluasi mesin harus dibentuk, bentuk mesti bisa membikin perkiraan, bentuk mesti bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, kalau operan balik mesti diletakkan jadi data, serta beberapa langkah ini harus ulangi jadi perputaran.

Ada tiga mode evaluasi mesin pokok yang memakai kecerdasan buatan ingatan terbatas:

  • Reinforcement learning, ialah belajar bikin prakiraan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang kali.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang menggunakan data masa dahulu buat menolong memperhitungkan butir selanjutnya secara berturutan. LTSM memandang info yang lebih baru selaku yang paling utama di saat membikin perkiraan dan mendiskon data dari masa lampau, kendati masih pakainya untuk membikin simpulan
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari sekian waktu, tumbuh buat menjelajahi lajur yang sedikit diubah berdasar pengalaman awal mulanya dengan tiap-tiap keputusan anyar. Style ini tanpa henti memburu lajur yang lebih bagus serta memakai replikasi dan statistik, atau kesempatan, buat memperhitungkan hasil sejauh transisi reposisi evolusionernya.

Teori ingatan

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh Theory of Mind cuma itu — teoretis. Kami belum gapai potensi technologi serta ilmiah yang dibutuhkan buat sampai tingkat kecerdasan buatan selanjutnya.

Rancangan itu didasari pada premis kejiwaan wawasan jika makhluk hidup lain mempunyai pemikiran serta emosi yang mengubah tabiat diri satu orang. Dalam soal mesin AI, ini memiliki arti AI bisa mendalami bagaimana hati manusia, hewan, dan mesin lain dan membikin keputusan lewat refleksi dan ambisi diri, kemudian akan manfaatkan info itu buat bikin keputusan sendiri. Secara prinsip, mesin mesti bisa mendalami serta mengolah rencana “ingatan”, fluktuasi emosi dalam ambil ketentuan dan sekelompok rencana kejiwaan yang lain secara real time, membikin interaksi dua arah di antara manusia serta kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibuat dalam kecerdasan buatan, satu saat jauh di hari esok, cara paling akhir merupakan AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sama ini miliki kesadaran tingkat manusia dan menyadari kemunculannya sendiri di dunia, dan hadirnya serta kondisi emosional pihak lain. Itu segera dapat menyadari apa yang barangkali diperlukan pihak lain bukan sekedar berdasar pada apa yang mereka katakan pada mereka tapi bagaimana mereka menyampaikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di periset manusia yang mengerti premis kesadaran dan selanjutnya belajar bagaimana menirunya maka bisa dibikin ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipergunakan?

Waktu bercakap terhadap beberapa orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mulai pidatonya dengan menjajakan arti berikut terkait bagaimana AI dipakai sekarang:

“AI ialah Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh  struktur pc yang dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang rata-rata memerlukan kecerdasan manusia… Sebagian dari struktur kecerdasan buatan ini ditunjang oleh evaluasi mesin, beberapa salah satunya ditunjang oleh evaluasi dalam dan sejumlah salah satunya dibantu oleh beberapa hal yang paling menjemukan seperti ketentuan..”

AI Sempit: Terkadang disebut yaitu “AI Kurang kuat,” model kecerdasan buatan ini bekerja dalam kerangka terbatas dan sebagai replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap diutamakan untuk kerjakan satu pekerjaan dengan baik sekali dan kendati mesin ini barangkali nampak cerdik, mereka bekerja di bawah batas dan batas yang semakin lebih banyak dibanding kecerdasan manusia yang sangat dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, terkadang dikatakan sebagai “AI Kuat,” yakni model kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Track: The Next Generation. AGI ialah mesin dengan kecerdasan umum serta, seperti sama manusia, bisa mengimplementasikan kecerdasan itu untuk pecahkan problem apapun.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada di kitaran kita dan dengan gampang adalah aktualisasi kecerdasan buatan yang paling berhasil sampai sekarang. Dengan focus di mengerjakan pekerjaan-pekerjaan spesifik, Narrow AI sudah alami banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang miliki “faedah sosial yang penting serta udah berperan di vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Menyediakan Saat Depan Kecerdasan Buatan,” sebuah Laporan 2016 dilansir oleh pemerintah Obama.

Contoh-contoh AI Sempit mencakup:

  • pelacakan Google
  • Piranti lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, dan pendamping individu yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin serta Evaluasi Dalam

Kebanyakan AI Sempit ditopang oleh inovasi dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam. Mendalami ketidaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, serta evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen memberi deskripsi yang bagus terkait bagaimana memperbandingkan dari mereka, dengan mendata:

“Kecerdasan buatan yaitu sesetel algoritma serta kecerdasan untuk coba mengikuti kecerdasan manusia. Evaluasi mesin yakni antara lainnya, dan evaluasi dalam adalah tehnik evaluasi mesin itu.”

Simpelnya, evaluasi mesin berikan makan data pc dan gunakan tehnik statistik buat menolongnya “belajar” bagaimana bertambah lebih baik secara progresif dalam sebuah pekerjaan, tiada diprogram secara spesial untuk pekerjaan itu, melenyapkan kepentingan dapat juta-an baris code terdaftar. Evaluasi mesin terdiri dalam evaluasi terawasi (memanfaatkan himpunan data mempunyai label) serta evaluasi tiada pemantauan (memanfaatkan himpunan data tidak mempunyai label).

Evaluasi dalam merupakan tipe evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang memperoleh ide secara biologis. Jaringan saraf memiliki kandungan beberapa susunan terpendam di mana data diolah, memungkinkannya mesin buat masuk “dalam” dalam pembelajarannya, membikin jaringan serta input pembobotan untuk hasil terhebat.

Kecerdasan Umum Buatan

Sejarah Kecerdasan Buatan ke Aceh Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diimplikasikan pada pekerjaan apapun yaitu Cawan Suci untuk banyak ilmuwan AI, namun penelusuran AGI banyak kesukaran.

Penelusuran “algoritme universal buat belajar serta lakukan tindakan di lingkungan apapun,” (Russel serta Norvig 27) tidak hal anyar, akan tetapi waktu tak kurangi kepelikan untuk membentuk mesin dengan kekuatan kognitif yang komplet.

AGI sudah lama jadi buah pikiran fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super pandai kuasai umat manusia, namun beberapa pakar sepakat jika itu bukan suatu yang penting kita cemaskan.kuatirkan dalam tempo dekat.

LihatTutupKomentar