Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang – Kurang dari 1 dasawarsa seusai pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi serta menolong Pasukan Sekutu menjadi pemenang Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti peristiwa buat ke-2 kalinya dengan pertanyaan simple: “Sanggupkah mesin memikir?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi dan Kecerdasan” (1950), serta Test Touring selanjutnya, memutuskan visi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Secara prinsip, AI merupakan cabang pengetahuan computer yang punya tujuan untuk jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini merupakan usaha buat menduplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Arah luas dari kecerdasan buatan udah mengundang beberapa pertanyaan serta perbincangan. Demikian rupa, hingga tak ada uraian tunggal area yang diterima secara universal.

Dapatkah mesin pikir? – Alan Touring, 1950

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang Kebatasan inti dalam membatasi AI cuma untuk “membuat mesin yang cerdik” yaitu jika AI tak sungguh-sungguh memaparkan apa yang dimaksud kecerdasan buatan? Apa yang bikin mesin pintar? AI ialah pengetahuan interdisipliner dengan beragam pendekatan, tapi perkembangan dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam membuat perombakan pola hampir di tiap-tiap divisi industri tehnologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell dan Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di sekeliling objek agen pintar dalam mesin. Dengan pertimbangan ini, AI merupakan “study perihal agen yang terima pemikiran dari lingkungan serta lakukan tindakan.” (Russel serta Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang siap sekarang ini.

Norvig serta Russell meneruskan untuk menjelajahi empat pendekatan berlainan yang bersejarah mendeskripsikan bagian AI:

  • Memikir secara manusiawi
  • Pikir logis
  • Lakukan tindakan secara manusiawi
  • Melakukan tindakan objektif

Dua gagasan pertama tersangkut proses memikir serta penalaran, sementara yang lainnya bermasalah dengan tingkah laku. Norvig dan Russell focus terpenting di agen masuk akal yang lakukan tindakan buat menggapai hasil terhebat, menulis “seluruh ketrampilan yang diperlukan untuk Test Touring pula memungkinkannya agen buat lakukan tindakan masuk akal.” (Russel serta Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan dan pengetahuan computer Ford di MIT, mendeskripsikan AI sebagai “algoritme yang diaktifkan oleh hambatan, dibuka oleh representasi yang memberi dukungan mode yang dicanangkan di loop yang mengikat pikiran, pengertian, dan perlakuan bersama.”

Sementara pengertian ini kemungkinan nampak abstrak buat banyak orang, mereka menolong memusatkan sektor ini sebagai bagian pengetahuan computer serta berikan buat biru untuk masukkan mesin dan program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.

APA ITU AI?

Empat Tipe Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang Mesin reaktif ikuti dasar AI yang amat dasar dan, sama dengan namanya, cuman dapat memanfaatkan kepintarannya buat lihat dan bereaksi kepada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa menaruh ingatan dan oleh karena itu tidak bisa memercayakan pengalaman masa silam buat mengatakan ambil putusan secara real-time.

Mendalami dunia langsung memiliki arti kalau mesin reaktif didesain untuk selesaikan cuma beberapa pekerjaan spesial yang terbatas. Tetapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara menyengaja tidak perlakuan pemangkasan cost apa saja, dan kebalikannya mempunyai arti kalau type AI ini dapat makin dapat diakui serta bisa dipercaya — dia bakal bereaksi dengan sama kepada rangsangan yang serupa setiap waktu.

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang Contoh tenar dari mesin reaktif yaitu Deep Blue, yang didesain oleh IBM di tahun 1990-an jadi superkomputer yang main catur dan kalahkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam suatu permainan. Deep Blue cuman dapat menandai bidak-bidak di papan catur serta ketahui bagaimana tiap pergerakan berdasar ketentuan catur, mengenal status masing-masing bidak sekarang, serta memastikan cara apa yang amat masuk akal di waktu itu. Computer tak memburu pergerakan prospektif di masa datang oleh rivalnya atau coba memposisikan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap-tiap kelokan di pandang jadi kenyataannya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibikin awalnya.

Contoh lain dari mesin reaktif bermain permainan merupakan Google AlphaGo. AlphaGo tidak juga bisa menilai pergerakan di hari esok namun tergantung di jaringan sarafnya sendiri buat mempelajari perubahan permainan sekarang, berikan kelebihan atas Deep Blue dalam permainan yang lebih kompleks. AlphaGo pun taklukkan lawan permainan kelas dunia, taklukkan pemain juara Go Lee Sedol pada 2016.

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang Meskipun lingkupnya terbatas dan tak ringan diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa menggapai tingkat kesulitan, dan tawarkan kehebatan saat dibentuk buat penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.

Kenangan Terbatas

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang memory terbatas punyai kekuatan buat menaruh data serta prakiraan awal mulanya waktu kumpulkan info dan mengangsung ketetapan prospektif — pada prinsipnya lihat ke masa dulu buat cari anjuran mengenai apa ay hadir seterusnya. Kecerdasan buatan ingatan terbatas lebih kompleks serta mendatangkan peluang yang makin besar ketimbang mesin reaktif.

AI memory terbatas dibentuk waktu team lagi latih bentuk mengenai langkah mempelajari serta memakai data anyar atau lingkungan AI dibikin maka bentuk bisa dilatih serta diperbaharui secara automatic. Saat memakai AI kenangan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara mesti dituruti: Data kursus mesti dibentuk, bentuk evaluasi mesin mesti dibentuk, mode mesti bisa membikin prakiraan, mode mesti bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, kalau operan balik harus ditaruh jadi data, dan sejumlah langkah ini mesti diulang-ulang sebagai perputaran.

Ada tiga bentuk evaluasi mesin khusus yang menggunakan kecerdasan buatan ingatan terbatas:

  • Reinforcement learning, yakni belajar bikin perkiraan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang-ulang.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang menggunakan data masa dahulu untuk menolong meramalkan poin selanjutnya secara berturutan. LTSM memandang info yang lebih baru menjadi yang palinglah penting waktu membikin perkiraan serta mendiskon data dari waktu dulu, walau masih menggunakan buat bikin simpulan
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari kian waktu, tumbuh untuk mempelajari lajur yang sedikit diubah berdasar pengalaman awalnya dengan tiap-tiap keputusan baru. Style ini tanpa henti kejar lajur yang lebih bagus serta memakai replikasi dan statistik, atau kemungkinan, untuk meramalkan hasil sejauh transisi perubahan evolusionernya.

Teori pemikiran

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang Theory of Mind itu saja — teoretis. Kami belum gapai kebolehan technologi serta ilmiah yang dibutuhkan untuk sampai tingkat kecerdasan buatan seterusnya.

Prinsip itu berdasar pada premis mental pengetahuan jika makhluk hidup lain mempunyai ingatan serta emosi yang pengaruhi tabiat diri seorang. Dalam soal mesin AI, ini memiliki arti AI bisa menyadari bagaimana hati manusia, hewan, serta mesin lain dan bikin putusan lewat refleksi serta ambisi diri, kemudian bakal memakai data itu untuk membikin putusan sendiri. Pada intinya, mesin harus dapat mendalami serta mengerjakan rancangan “ingatan”, fluktuasi emosi dalam ambil keputusan serta sekumpulan rancangan psikis yang lain secara real time, membuat pertalian dua arah di antara manusia serta kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibuat dalam kecerdasan buatan, satu saat jauh di hari esok, cara paling akhir merupakan AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan sama ini punyai kesadaran tingkat manusia serta mengerti kemunculannya sendiri di dunia, dan hadirnya dan situasi emosional pihak lain. Itu dapat pahami apa yang barangkali diperlukan seseorang bukan sekedar berdasar pada apa yang mereka katakan terhadap mereka akan tetapi bagaimana mereka mengkomunikasikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di pengamat manusia yang pahami premis kesadaran dan selanjutnya belajar bagaimana menduplikasinya maka dari itu bisa dibuat ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipergunakan?

Saat bercakap ke beberapa orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mengawali pidatonya dengan menjajakan pengertian berikut perihal bagaimana AI dipakai waktu ini:

“AI merupakan Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang  metode pc yang sanggup lakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan kecerdasan manusia… Sebagian dari struktur kecerdasan buatan ini ditopang oleh evaluasi mesin, beberapa salah satunya disokong oleh evaluasi dalam serta beberapa salah satunya dibantu oleh beberapa hal yang paling menjengkelkan seperti peraturan..”

AI Sempit: Kadang dikatakan sebagai “AI Kurang kuat,” tipe kecerdasan buatan ini bekerja dalam skema terbatas dan adalah replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap dikhususkan untuk mengerjakan satu pekerjaan dengan baik sekali serta walaupun mesin ini barangkali nampak cerdik, mereka bekerja di bawah batas serta batas yang jauh semakin banyak ketimbang kecerdasan manusia yang paling dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, kadangkala disebut yaitu “AI Kuat,” merupakan tipe kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Lintasan: The Next Generation. AGI merupakan mesin dengan kecerdasan umum serta, seperti pada manusia, bisa menempatkan kecerdasan itu buat pecahkan perkara apa saja.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada di sekeliling kita dan dengan gampang sebagai aktualisasi kecerdasan buatan yang paling berhasil sampai sekarang ini. Dengan focus di melaksanakan banyak tugas tertentu, Narrow AI sudah merasakan banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang punya “faedah sosial yang penting serta udah berperan pada vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Menyediakan Waktu Depan Kecerdasan Buatan,” sebuah Laporan 2016 di-launching oleh pemerintah Obama.

Sebagian contoh AI Sempit mencakup:

  • penelusuran Google
  • Piranti lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, dan pendamping personal yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin serta Evaluasi Dalam

Mayoritas AI Sempit dibantu oleh inovasi dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam. Pahami ketaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, serta evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen memberi kisah yang bagus mengenai bagaimana memisah dari mereka, dengan mendata:

“Kecerdasan buatan yaitu sesetel algoritma dan kecerdasan untuk coba menyerupai kecerdasan manusia. Evaluasi mesin merupakan diantaranya, serta evaluasi dalam satu diantara tehnik evaluasi mesin itu.”

Ringkasnya, evaluasi mesin berikan makan data pc dan memakai tehnik statistik buat menolongnya “belajar” bagaimana bertambah baik secara progresif dalam sebuah pekerjaan, tanpa ada diprogram secara eksklusif untuk pekerjaan itu, menyingkirkan keperluan dapat juta-an baris code tercatat. Evaluasi mesin terdiri dalam evaluasi terawasi (gunakan himpunan data mempunyai label) dan evaluasi tanpa ada pemantauan (gunakan kelompok data tidak mempunyai label).

Evaluasi dalam yaitu macam evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang memperoleh ide secara biologis. Jaringan saraf mempunyai kandungan beberapa susunan terselip di mana data diolah, memungkinkannya mesin untuk masuk “dalam” dalam pembelajarannya, bikin hubungan dan input pembobotan untuk hasil terpilih.

Kecerdasan Umum Buatan

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Enrekang Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diaplikasikan di pekerjaan apa saja yakni Cawan Suci buat banyak periset AI, namun pelacakan AGI banyak kesusahan.

Pelacakan “algoritme universal untuk belajar serta melakukan tindakan di lingkungan apa saja,” (Russel dan Norvig 27) tidaklah hal baru, akan tetapi waktu tidak kurangi kesukaran buat membuat mesin dengan potensi kognitif yang komplet.

AGI sudah lama jadi buah pikiran fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super cerdik kuasai umat manusia, namun beberapa pakar sepakat kalau itu bukan suatu hal yang sebaiknya kita risaukan dalam kurun dekat.

LihatTutupKomentar