Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara – Kurang dari 1 dasawarsa selesai pecahkan Enigma mesin enkripsi Nazi dan menolong Pasukan Sekutu menjadi pemenang Perang Dunia II, matematikawan Alan Touring mengganti peristiwa buat ke-2 kalinya dengan pertanyaan simpel: “Sanggupkah mesin pikir?”

Makalah Touring “Mesin Komputasi dan Kecerdasan” (1950), dan Ujian Touring seterusnya, memutuskan misi dan tujuan dasar kecerdasan buatan.

Pada dasarnya, AI yakni cabang pengetahuan computer yang punya tujuan buat jawab pertanyaan Touring dengan berani. Ini yaitu usaha untuk meniru atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin.

Arah luas dari kecerdasan buatan sudah menyebabkan beberapa pertanyaan serta pembicaraan. Demikian rupa, maka dari itu tak ada uraian tunggal area yang diterima secara universal.

Sanggupkah mesin memikir? – Alan Touring, 1950

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara Kekurangan penting dalam mengartikan AI cuma untuk “membikin mesin yang pintar” yaitu kalau AI tidak betul-betul memperjelas apakah itu kecerdasan buatan? Apa yang bikin mesin pintar? AI yakni pengetahuan interdisipliner dengan pelbagai pendekatan, akan tetapi perubahan dalam evaluasi mesin serta evaluasi dalam membuat peralihan pola nyaris di tiap-tiap divisi industri technologi.

Dalam buku text inovasi mereka Artificial Intelligence: A Kekinian Approach, penulis Stuart Russell serta Peter Norvig dekati pertanyaan dengan menjadikan satu tugas mereka di sekeliling objek agen pandai dalam mesin. Dengan pikiran ini, AI ialah “study perihal agen yang terima pemahaman dari lingkungan serta bertindak.” (Russel serta Norvig viii)

PERUSAHAAN AI TERBAIK YANG DIPEKERJAKAN SEKARANG

Perusahaan kecerdasan buatan ini memiliki tugas terbuka yang siap sekarang.

Norvig dan Russell menyambung untuk mendalami empat pendekatan tidak sama yang dengan monumental membatasi area AI:

  • Pikir secara manusiawi
  • Pikir masuk akal
  • Melakukan tindakan secara manusiawi
  • Melakukan tindakan masuk akal

Dua buah pikiran pertama tersangkut proses pikir dan penalaran, sementara lainnya berhubungan dengan tabiat. Norvig dan Russell focus terpenting di agen masuk akal yang lakukan tindakan buat capai hasil terpilih, menulis “semuanya keahlian yang diperlukan buat Ujian Touring pun memungkinkannya agen buat melakukan tindakan objektif.” (Russel dan Norvig 4).

Patrick Winston, profesor kecerdasan buatan dan pengetahuan pc Ford di MIT, mengartikan AI selaku “algoritme yang diaktifkan oleh hambatan, diungkap oleh representasi yang memberikan dukungan style yang dicanangkan di loop yang mengikat pikiran, pemahaman, dan perbuatan saling bersama.”

Sementara uraian ini kemungkinan kelihatan abstrak untuk banyak orang, mereka menolong menitik beratkan bagian ini menjadi sektor pengetahuan computer dan berikan bikin biru untuk masukkan mesin serta program dengan evaluasi mesin dan subset kecerdasan buatan yang lain.

KECERDASAN BUATAN DIJELASKAN

Empat Macam Kecerdasan Buatan

Mesin Reaktif

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara Mesin reaktif ikuti dasar AI yang paling dasar dan, mirip namanya, cuman bisa memanfaatkan kepandaiannya untuk lihat dan bereaksi pada dunia di depannya. Mesin reaktif tidak bisa menaruh kenangan serta mengakibatkan tidak bisa mempercayakan pengalaman waktu dulu buat mengatakan ambil putusan secara real-time.

Mendalami dunia dengan cara langsung memiliki arti kalau mesin reaktif direncanakan buat merampungkan cuman beberapa pekerjaan teristimewa yang terbatas. Tetapi, mempersempit penglihatan dunia mesin reaktif secara berniat tidak aksi pemangkasan cost apapun, serta kebalikannya bermakna jika tipe AI ini dapat semakin dapat diyakini dan bisa dihandalkan — dia akan bereaksi dengan sama pada rangsangan yang serupa kapan waktu.

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara Contoh termasyhur dari mesin reaktif yaitu Deep Blue, yang didesain oleh IBM di tahun 1990-an sebagai superkomputer yang bermain catur serta kalahkan grandmaster internasional Gary Kasparov dalam sebuah games. Deep Blue cuman sanggup menganalisis bidak-bidak di papan catur serta ketahui bagaimana tiap pergerakan berdasar pada peraturan catur, mengenal status semasing bidak waktu ini, serta tentukan cara apa yang amat objektif pada waktu itu. Pc tidak kejar pergerakan prospektif di hari depan oleh rivalnya atau coba memposisikan bagiannya sendiri di status yang lebih bagus. Tiap-tiap kelokan di pandang menjadi realistisnya sendiri, terpisah dari pergerakan yang lain dibikin awal mulanya.

Contoh lain dari mesin reaktif bermain permainan yaitu Google AlphaGo. AlphaGo pun tidak sanggup menilai pergerakan di hari esok tapi tergantung di jaringan sarafnya sendiri untuk mempelajari perubahan permainan sekarang, memberi kelebihan atas Deep Blue dalam permainan yang lebih kompleks. AlphaGo taklukkan kompetitor permainan kelas dunia, kalahkan pemain juara Go Lee Sedol pada 2016.

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara Kendati lingkupnya terbatas dan tak simpel diganti, kecerdasan buatan mesin reaktif bisa menggapai tingkat kesulitan, serta tawarkan kelebihan saat dibentuk buat penuhi pekerjaan yang berulang-ulang.

Memory Terbatas

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara kenangan terbatas miliki kekuatan untuk simpan data serta perkiraan awal mulanya waktu menghimpun info dan mengangsung putusan prospektif — secara prinsip memandang ke masa lampau buat cari arahan perihal apa ay tiba selanjutnya. Kecerdasan buatan memory terbatas lebih kompleks dan mendatangkan peluang yang bertambah besar ketimbang mesin reaktif.

AI ingatan terbatas dibentuk waktu club terus latih mode terkait langkah menganalisa serta memakai data anyar atau lingkungan AI dibuat hingga style bisa dilatih dan diperbaharui secara automatis. Waktu memakai AI kenangan terbatas dalam evaluasi mesin, enam cara harus dituruti: Data kursus harus dibikin, mode evaluasi mesin harus dibikin, style harus bisa bikin ramalan, style harus bisa terima operan balik manusia atau lingkungan, kalau operan balik mesti diletakkan jadi data, serta sejumlah langkah ini mesti diulangi jadi transisi.

Ada tiga style evaluasi mesin inti yang menggunakan kecerdasan buatan kenangan terbatas:

  • Reinforcement learning, yakni belajar bikin ramalan yang lebih bagus lewat trial-and-error yang berulang kali.
  • Long Short Termin Memori (LSTM), yang manfaatkan data masa dulu untuk menolong meramalkan elemen selanjutnya secara berurut. LTSM memandang data yang lebih anyar sebagai yang paling utama saat bikin perkiraan serta mendiskon data dari waktu dulu, biarpun masih pakainya untuk bikin ikhtisar
  • Evolutionary Generative Adversarial Networks (E-GAN), yang berkembang dari hari ke hari, tumbuh untuk mempelajari lajur yang sedikit diubah menurut pengalaman awal mulanya dengan tiap-tiap putusan baru. Mode ini tiada henti menguber lajur yang lebih bagus dan memakai replikasi dan statistik, atau kesempatan, untuk memperhitungkan hasil sejauh perputaran reposisi evolusionernya.

Teori ingatan

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara Theory of Mind itu saja — teoretis. Kami belum gapai potensi tehnologi serta ilmiah yang dibutuhkan buat gapai tingkat kecerdasan buatan seterusnya.

Rencana itu didasari pada premis mental pengetahuan kalau makhluk hidup lain mempunyai pemikiran serta emosi yang mengubah tingkah laku diri satu orang. Dalam soal mesin AI, ini bermakna AI bisa mendalami bagaimana hati manusia, hewan, dan mesin lain dan membikin keputusan lewat refleksi serta kemauan diri, dan selanjutnya dapat memakai info itu untuk bikin ketetapan sendiri. Pada intinya, mesin mesti dapat menyadari dan mengerjakan prinsip “pemikiran”, fluktuasi emosi dalam ambil ketentuan serta sekelompok rencana mental yang lain secara real time, membentuk jalinan dua arah di antara manusia dan kecerdasan buatan.

BAGAIMANA JIKA AI MENJADI SENDIRI? OLEH SETIAP WAKTU10S

Kesadaran diri

Demikian Theory of Mind bisa dibuat dalam kecerdasan buatan, satu waktu jauh di hari esok, cara paling akhir merupakan AI jadi sadarkan diri. Kecerdasan buatan seperti ini punyai kesadaran tingkat manusia serta mengerti kemunculannya sendiri di dunia, dan hadirnya serta kondisi emosional seseorang. Itu segera dapat mengerti apa yang kemungkinan diperlukan seseorang tidak sekedar berdasar pada apa yang mereka sampaikan pada mereka akan tetapi bagaimana mereka mengkomunikasikannya.

Kesadaran diri dalam kecerdasan buatan tergantung baik di periset manusia yang mengerti premis kesadaran kemudian belajar bagaimana menduplikasinya hingga bisa dibikin ke mesin.

PENGGUNAAN, CONTOH + APLIKASI

AI MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN. CONTOH TERMASUK SEGALA SESUATU DARI AMAZON ALEXA SAMPAI MOBIL SENDIRI.

Bagaimana AI Dipergunakan?

Waktu berkata terhadap beberapa orang di Japan AI Pengalaman di tahun 2017, CEO DataRobot Jeremy Achin mengawali pidatonya dengan menjajakan uraian berikut perihal bagaimana AI dipakai waktu ini:

“AI ialah Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara  struktur pc yang dapat melaksanakan banyak tugas yang kebanyakan butuh kecerdasan manusia… Sebagian dari skema kecerdasan buatan ini ditopang oleh evaluasi mesin, sejumlah salah satunya dibantu oleh evaluasi dalam dan sejumlah salah satunya disokong oleh beberapa hal yang paling menjengkelkan seperti peraturan..”

AI Sempit: Kadang dikatakan sebagai “AI Kurang kuat,” macam kecerdasan buatan ini bekerja dalam skema terbatas serta adalah replikasi kecerdasan manusia. AI yang sempit kerap diprioritaskan untuk lakukan satu pekerjaan dengan baik sekali dan walaupun mesin ini kemungkinan kelihatan pintar, mereka bekerja di bawah batas dan batas yang jauh makin banyak ketimbang kecerdasan manusia yang paling dasar sekalinya.

Artificial General Intelligence (AGI): AGI, kadangkala dikatakan sebagai “AI Kuat,” yaitu macam kecerdasan buatan yang kita tonton di film, seperti robot dari Westworld atau Data dari Star Track: The Next Generation. AGI ialah mesin dengan kecerdasan umum dan, seperti sama manusia, bisa mengaplikasikan kecerdasan itu buat pecahkan perkara apa saja.
Kecerdasan Buatan Sempit
AI sempit ada di sekeliling kita dan secara gampang adalah perwujudan kecerdasan buatan yang tersukses sampai sekarang ini. Dengan konsentrasi pada lakukan banyak tugas tertentu, Narrow AI udah alami banyak inovasi dalam dasawarsa paling akhir yang miliki “kegunaan sosial yang berarti dan udah berperan di vitalitas ekonomi bangsa,” menurut “Menyiapkan Saat Depan Kecerdasan Buatan,” suatu Laporan 2016 diluncurkan oleh pemerintah Obama.

Contoh-contoh AI Sempit mencakup:

  • pelacakan Google
  • Feature lunak pengenalan gambar
  • Siri, Alexa, dan pendamping individu yang lain
  • Mobil self-driving
  • Watson IBM

Evaluasi Mesin dan Evaluasi Dalam

Mayoritas AI Sempit ditunjang oleh inovasi dalam evaluasi mesin dan evaluasi dalam. Menyadari ketaksamaan di antara kecerdasan buatan, evaluasi mesin, dan evaluasi dalam bisa memusingkan. Kapitalis ventura Frank Chen memberinya deskripsi yang bagus perihal bagaimana memilah dari mereka, dengan menulis:

“Kecerdasan buatan merupakan sesetel algoritma serta kecerdasan buat coba mencontoh kecerdasan manusia. Evaluasi mesin yaitu antara lainnya, serta evaluasi dalam yaitu salah satunya tehnik evaluasi mesin itu.”

Simpelnya, evaluasi mesin berikan makan data pc dan memanfaatkan tehnik statistik buat menolongnya “belajar” bagaimana jadi lebih baik secara progresif pada sebuah pekerjaan, tiada diprogram secara spesial buat pekerjaan itu, menyingkirkan keperluan akan juta-an baris code terdaftar. Evaluasi mesin terdiri dalam evaluasi terawasi (memakai kelompok data punya label) serta evaluasi tiada pemantauan (gunakan kelompok data tidak mempunyai label).

Evaluasi dalam ialah type evaluasi mesin yang jalankan input lewat arsitektur jaringan saraf yang memperoleh inspirasi secara biologis. Jaringan saraf memiliki kandungan beberapa susunan terselip di mana data diolah, memungkinnya mesin untuk masuk “dalam” dalam pembelajarannya, bikin hubungan dan input pembobotan untuk hasil terunggul.

Kecerdasan Umum Buatan

Kapan Kecerdasan Buatan Masuk ke Aceh Tenggara Pembuatan mesin dengan kecerdasan tingkat manusia yang bisa diimplikasikan di pekerjaan apapun merupakan Cawan Suci buat banyak ilmuwan AI, tapi pelacakan AGI banyak kepelikan.

Penelusuran “algoritme universal buat belajar serta lakukan tindakan di lingkungan apa saja,” (Russel dan Norvig 27) bukan perihal anyar, tapi waktu tak kurangi persoalan untuk membuat mesin dengan kapabilitas kognitif yang komplet.

AGI udah lama jadi ide fiksi ilmiah dystopian, di mana robot super pintar kuasai umat manusia, tapi banyak pakar sepakat jika itu bukan suatu yang harus kita risaukan dalam saat dekat.

LihatTutupKomentar